Tips agar Motor Irit Bensin

  • 2 min read
  • Des 29, 2020
irit bensin

Tips agar Motor Irit Bensin – Irit atau tidaknya konsumsi bensin adalah salah satu hal yang sering dijadikan pertimbangan saat akan membeli kendaraan bermotor. Sekarang ini memang sudah banyak motor yang dilengkapi teknologi penghemat bahan bakar.

Namun, jika Anda menggunakan motor dengan sembarangan dan tidak memberikan perlakuan khusus sebagaimana mestinya, pasti motor akan rewel dan membuat Anda mengeluarkan uang lebih untuk perbaikan mesin motor. Agar terhindar dari masalah tersebut, di bawah ini terdapat beberapa tips supaya motor tidak boros bensin.

Tips Agar Motor Hemat BBM

Gunakan BBM dengan Tingkat Oktan yang Sesuai

Tips pertama yang wajib diikuti adalah menggunakan BBM dengan oktan yang sesuai dengan mesin motor Anda. Dengan cara ini, mesin motor akan menjadi lebih bersih, sebab pembakaran BBM-nya sempurna. Sehingga tidak ada kerak yang menempel pada dinding mesin dan komponen mesin motor pun akan lebih awet.

Pastikan Motor Selalu dalam Keadaan Bersih

Faktor lain yang akan mempengaruhi performa dari motor ialah kebersihannya, baik luar maupun dalam. Namun, yang harus Anda perhatikan betul adalah bagian dalam atau tepatnya komponen-komponen mesin motor itu sendiri.

Pastikan tidak ada kotoran atau debu yang menempel pada filter udara dan drive belt motor. Apabila drive belt keadaannya bersih, maka akselerasi motor atau gas akan lebih ringan, sehingga motor pun menjadi irit bahan bakar.

Ganti Oli Mesin Secara Rutin

Apakah Anda termasuk orang yang tidak peduli pada urusan oli mesin motor? Jika iya, mulai sekarang Anda wajib mengubah kebiasaan tersebut. Anda harus selalu memeriksa dan mengganti oli mesin secara teratur.

Idealnya waktu yang tepat untuk ganti oli adalah setiap pemakaian 2000 kilometer. Apabila tidak segera diganti, oli mesin yang sudah lama akan membuat mesin motor menjadi lebih cepat panas dan membuat konsumsi BBM menjadi lebih boros.

Periksa Kondisi Tekanan Angin Ban

Ternyata kondisi ban motor yang kempes juga bisa membuat motor jadi lebih boros BBM. Maka dari itu, Anda harus selalu memastikan ban motor memiliki tekanan gas yang normal. Sebab tarikan motor akan menjadi lebih berat ketika tekanan ban kurang. Akibatnya, konsumsi bahan bakar pun menjadi lebih banyak.

Kendarai Motor Secara Normal dan Sewajarnya

Apakah Anda memiliki kebiasaan kebut-kebutan menggunakan motor? Sebaiknya kendarai motor dengan sewajarnya saja. Selain untuk keselamatan Anda sendiri, cara ini bisa menjadikan motor Anda lebih irit bensin. Konsumsi BBM sangat dipengaruhi oleh tarikan gas motor, semakin kencang Anda menarik gasnya, maka semakin banyak pula bensin yang dikonsumsi oleh mesin motor.

Apalagi jika menggunakan motor matic, seringkali tanpa sadar Anda menarik gas dengan kencang secara mendadak. Hal inilah yang menyebabkan motor menjadi boros jika dibandingkan ketika Anda menarik gas secara perlahan dan normal.

Mudah bukan cara untuk membuat motor jadi lebih irit bensin? Selain dapat membuat motor menjadi irit, cara di atas juga akan membuat mesin motor Anda lebih awet dan prima. Motor Anda sering boros bensin? Lakukan tips ini saja!

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *