Tips Memanaskan Mesin Motor Injeksi

Tips Memanaskan Mesin Motor Injeksi

Tips Memanaskan Mesin Motor Injeksi – Memanaskan sepeda motor bisa dikatakan sebagai salah satu kegiatan rutin yang dilakukan oleh banyak orang saat pagi hari. Hampir semua orang yang mempunyai kendaraan bermotor pasti melakukan kegiatan ini. Apalagi yang hendak menggunakan motornya untuk bepergian jauh entah bekerja, sekolah, atau kegiatan lain.

Memanaskan motor memang penting dilakukan karena berfungsi untuk menjaga motor agar tetap dalam kondisi prima meskipun digunakan untuk perjalanan jauh. Dengan cara ini, oli pada motor akan kembali melumasi mesin setelah semalaman tidak dipakai. Namun, sayangnya masih banyak orang melakukan kesalahan dalam memanaskan motor.

Cara Memanaskan Motor Injeksi yang Benar

Jangan Memanaskan Motor di Dalam Ruangan

Kesalahan pertama yang kerap dilakukan orang-orang adalah memanaskan motor di dalam rumah. Padahal kegiatan tersebut sangatlah berbahaya untuk kesehatan orang-orang yang ada di dalam ruangan tersebut.

Karena seharusnya pagi hari itu waktu yang tepat untuk menghirup Oksigen yang paling berkualitas dalam satu hari. Bukan malah menghirup Karbon Dioksida dan Karbon Monoksida yang merupakan hasil dari pemanasan mesin motor. Dengan demikian, Anda akan kehilangan kesempatan untuk menghirup udara segar.

Baca Juga: Alat Press Velg

Menggunakan Choke

Penggunaan choke sangatlah penting untuk menyalakan sepeda motor yang masih menggunakan karburator. Sebab saat pagi hari, biasanya motor akan sulit dinyalakan dan mati ketika dipanasi. Motor hanya bisa dinyalakan pada suhu yang lebih panas dari suhu di pagi hari. Maka dari itu, choke sangat bermanfaat untuk menyalakan motor di pagi hari.

Akan tetapi, jika motor Anda sudah dilengkapi dengan sistem injection maka choke tidak dibutuhkan lagi. Karena motor injeksi dapat mengetahui suhu sekitar secara otomatis dan langsung melakukan adaptasi.

Jangan Menggunakan Electric Starter (Tombol Starter)

Ternyata penggunaan electric starter merupakan salah satu kesalahan dalam memanaskan mesin motor injeksi. Kick starter alias engkol lebih disarankan untuk dipakai saat akan memanasi motor di pagi hari.

Kebiasaan memakai tombol starter di pagi hari akan membuat usia aki menjadi lebih pendek. Selain itu, electric starter juga merupakan biang keladi dari malfungsi kelistrikan. Misalnya tegangan awal baterai ialah 12,35 volt, kemudian saat menggunakan starter tegangan bisa drop sampai 9 volt, dan mengambil listrik cadangan pengisian.

Baca Juga: Alat Press Body Motor

Hindari Memanaskan Terlalu Lama

Tahukah Anda bahwa memanaskan motor injeksi terlalu lama malah bisa berakibat fatal? Walaupun dalam keadaan stasioner, apabila dipanaskan dalam waktu yang lama motor bisa saja mengalami overheat. Waktu yang ideal untuk memanaskan mesin motor injeksi adalah sekitar dua menit saja. Jadi, usahakan jangan melebihi waktu tersebut jika ingin performa motor tetap oke.

Itulah beberapa tips untuk memanaskan motor injeksi. Agar komponen-komponennya tidak kaget ketika dipakai berkendara motor harus dipanasi, sama seperti tubuh manusia yang memerlukan pemanasan sebelum olahraga. Jika suhu mesin sudah optimal dan sirkulasi oli sempurna, barulah motor bisa diajak lari.