Tips Memilih Ban Motor yang Cocok

Tips Memilih Ban Motor yang Cocok

Tips Memilih Ban Motor yang Cocok – Ban adalah salah satu komponen penting pada kendaraan bermotor. Jika tidak ada benda yang satu ini pasti motor Anda tidak bisa berjalan. Maka dari itu, pemilihan ban yang sesuai sangatlah diperlukan. Selain untuk keselamatan dan kenyamanan pengendara, ban juga akan mempengaruhi performa motor.

Jangan kira memilih ban adalah hal yang mudah. Banyak faktor yang harus dipertimbangkan saat hendak membeli ban. Jika Anda bingung, perhatikan tips untuk memilih ban motor yang bagus dan berkualitas berikut.

Tips Memilih Ban Motor yang Berkualitas

Perhatikan merek ban yang akan digunakan

Biasanya ban dengan merek yang terkenal cukup bisa diandalkan kualitasnya. Apalagi jika penggunanya cukup banyak, pasti kualitasnya baik. Agar tidak salah pilih, Anda bisa meminta rekomendasi penjual ban atau kenalan Anda mengenai brand ban motor yang bagus dan berkualitas.

Baca Juga: Tips Memilih Knalpot Motor Modifikasi

Pilih jenis ban yang sesuai dengan motor

Umumnya ban motor dibedakan menjadi tiga jenis yaitu ban untuk daerah kering, untuk daerah basah, dan untuk kedua daerah tersebut. Karena kita tinggal di negara tropis jadi lebih baik menggunakan jenis ban gabungan yang bisa dipakai pada medan basah maupun kering. Ciri-ciri ban gabungan adalah jumlah alurnya tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit alias sedang.

Pilih ukuran ban

Sebelum membeli ban baru, Anda perlu memperhatikan ukuran yang biasa digunakan pada motor. Ban tersedia dalam berbagai ukuran dan variasi, Anda harus menyesuaikannya dengan velg yang dipakai pada motor.

Standar ukuran ban yang biasa digunakan pada motor adalah 70/90 dan 80/90 untuk jenis motor injeksi. Sedangkan untuk motor matic ukurannya adalah 80/90 dan 90/90. Pemilihan ukuran ban yang sesuai akan mempengaruhi kenyamanan Anda saat berkendara.

Pilih ban dengan permukaan telapak sedang

Permukaan telapak ban ternyata bisa mempengaruhi kinerja dari mesin motor. Ban dengan telapak kecil tidak akan mampu menyedot tenaga dari mesin. Penyebabnya adalah pergeseran yang terjadi pada permukaan jalan relatif sedikit. Walaupun sebenarnya ban dengan telapak kecil memiliki banyak manfaat diantaranya menghemat bahan bakar dan membuat motor lincah.

Baca Juga: Tips Mengendarai Motor Kopling agar Tidak Mati

Namun ban tersebut tidak direkomdasikan karena rentan pecah dan mudah tergelincir. Agar lebih aman sebaiknya Anda menggunakan ban dengan telapak berukuran sedang. Selain tidak boros, ban ini juga akan memberikan kestabilan yang baik pada motor Anda.

Periksa tahun pembuatan

Ban yang bagus juga bisa dilihat dari tahun pembuatannya. Biasanya tahun pembuatan ban dituliskan dalam bentuk kode, contohnya 1018 berarti ban dibuat pada minggu ke-10 pada tahun 18 (2018). Mengapa harus memperhatikan tahun pembuatan ban? Sebab hal tersebut bisa mempengaruhi kualitas juga keawetan ban.

Itu tadi tips untuk memilih ban motor yang berkualitas. Anda tidak boleh lagi salah pilih dalam memilih ban motor. Ikuti tips di atas agar ban motor Anda tetap awet dan tahan lama.