Tips Mencuci Motor Sendiri agar Bisa Bersih Maksimal

Tips Mencuci Motor Sendiri agar Bisa Bersih Maksimal

Tips Mencuci Motor Sendiri agar Bisa Bersih Maksimal – Bagi sebagian orang mencuci motor sendiri menjadi salah satu kegiatan yang seru dan mengasyikkan. Apalagi jika motor tersebut adalah motor kesayangannya. Tapi biasanya masalah datang ketika hasil pencucian sendiri tidak memuaskan.

Masih ada beberapa bagian motor yang kotor karena kurang bersih ketika mencucinya. Untuk mengatasi masalah ini, Anda perlu memahami tips mencuci motor agar hasil maksimal dan tidak mengecewakan lagi. Anda juga bisa berhemat biaya cuci motor.

Tips Mencuci Motor Sendiri

Siapkan Peralatan yang Lengkap

Tips pertama adalah pastikan semua peralatan membersihkan motor sudah lengkap. Karena peralatan yang kurang lengkap menyebabkan hasil pencucian menjadi tidak maksimal. Perhatikan pada jasa pencucian motor, pasti alatnya lengkap sekali.

Anda bisa menyiapkan dua ember berbeda, yaitu ember berisi sabun dan air beserta spon bersih. Lalu ember kedua berisi sama tapi fungsinya untuk membersihkan bagian yang kotor.

Jika hanya menggunakan satu ember, kotoran yang ada di motor bisa menyebabkan baret pada body. Lalu siapkan juga sikat gigi bekas dan sikat baju. Selain itu, pastikan juga menggunakan semir ban dan juga cairan agar body mengkilap.

Baca Juga: Harga Mesin Alat Press Body Motor

Bersihkan Bagian Atas

Tips mencuci selanjutnya adalah bersihkan dulu bagian atas motor seperti body, jok, dan lain-lain. Bersihkan secara bertahap, mulai dari depan ke belakang sisi kiri menyeluruh lalu ke sisi kanan. Gosok setiap bagian body atas dengan sabun dan spon dengan teliti dan perlahan. Tujuannya agar kotoran di motor bisa benar-benar terangkat. Jangan tergesa-gesa agar hasil maksimal.

Membersihkan Bagian Krom

Beberapa motor memiliki bagian yang dilapisi dengan krom. Bersihkan dulu bagian ini sebelum membersihkan bagian yang sangat kotor. Agar kotoran seperti pasir kasar tidak menggores krom tersebut. Jika ada bagian yang sulit terjangkau oleh spon, gunakan saja sikat gigi bekas. Penggunaan sikat gigi bekas juga bisa memaksimalkan pencucian agar hasilnya sangat bersih.

Membersihkan Ban dan Pelek

Setelah itu bersihkan juga bagian pelek terlebih dahulu sebelum selanjutnya ke bagian ban. Agar kotoran pada ban tidak menggores lapisan cat pelek. Untuk bagian ban, Anda bisa menggosoknya dengan menggunakan sikat baju. Gosok pada bagian ulir ban agar semua kotoran yang menempel bisa terangkat.

Baca Juga: Tips Mengendarai Motor Kopling

Bersihkan Bagian Bawah dan Mesin

Nah, tahap pembersihan terakhir adalah bagian bawah. Tahap ini ditempatkan pada akhir proses karena biasanya memiliki kotoran yang sangat banyak. Sehingga bisa menghindari bagian lain agar tidak tergores kotoran yang kasar. Gosok dengan sikat baju pada bagian mesin bawah. Gunakan sikat gigi untuk bagian yang sulit.

Keringkan dan Olesi Semir

Tahap terakhir keringkan semua bagian dengan kanebo agar maksimal. Jangan lupa gunakan cairan pengkilap body motor agar body bisa mengkilat dan sempurna. Selain itu, gunakan juga semir ban agar hasil lebih maksimal lagi.

Mencuci motor sendiri memang menjadi aktivitas yang seru dan asyik. Apalagi dengan memahami tips mencuci motor sendiri, Anda akan bisa mendapatkan hasil pencucian yang lebih maksimal lagi. Hasilnya tidak kalah dengan pencucian di tukang cuci motor.