Tips Mengendarai Motor Kopling agar Tidak Mati

Tips Mengendarai Motor Kopling agar Tidak Mati

Tips Mengendarai Motor Kopling agar Tidak Mati – Banyak orang beranggapan bahwa motor kopling bisa menambah pamor dan kesan macho pada pengendaranya. Agaknya pendapat tersebut memang benar, sebab hingga saat ini motor kopling masih menjadi favorit bagi sebagian masyarakat terutama para lelaki. Namun, yang menjadi masalah yaitu mengendarai motor kopling tidak semudah mengendarai motor gigi maupun matic.

Dengan motor ini Anda harus bermain tuas kopling dan gas seperti saat mengendarai mobil. Jika Anda belum terlalu paham caranya, pasti akan mengalami kendala saat turun ke jalan seperti motor mogok secara tiba-tiba. Ingin tahu bagaimana solusinya? Simak tips mengendarai motor kopling berikut:

Tips Agar Motor Kopling Tidak Mogok di Jalan

Ajak Teman atau Saudara yang Sudah Berpengalaman

Jika Anda masih belum mahir dalam mengendarai motor kopling, sebaiknya ajak teman atau saudara yang berpengalaman sebagai pendamping. Mereka pasti akan memandu Anda sedikit demi sedikit hingga Anda cukup mantap untuk berkendara sendiri menggunakan motor kopling.

Hal yang harus dibiasakan untuk menguasai motor kopling ialah menggunakan tangan kiri untuk melepas kopling pada saat yang tepat. Dalam hal ini Anda harus memainkan intuisi dan feeling (perasaan) dalam berkendara. Intinya Anda tidak boleh tegang, rileks saja dan yakin pasti bisa.

Baca Juga: Tips Setup Bengkel Motor Biar Sukses

Posisi Menuju Tanjakan

Dalam berkendara pasti Anda akan melintasi jalanan yang menanjak. Cara mengendarai motor kopling di jalan tanjakan tentu berbeda dengan saat Anda melintasi jalanan yang datar. Tetapi tidak perlu khawatir, lakukan langkah-langkah berikut sebelum Anda berada di tanjakan:

  1. Jaga kecepatan supaya stabil, jangan sampai turun.
  2. Pastikan Anda berada di persneling 3 jangan lebih, sebab persneling besar tidak cukup kuat untuk mendorong motor Anda di tanjakan.
  3. Saat kecepatan melambat, masukkan gigi 2 agar daya dorong lebih optimal dari sebelumnya.
  4. Jika dirasa tidak kuat, Anda bisa oper ke gigi 1.

Jangan Menaikkan Gigi Persneling Saat Masih di Tanjakan

Saat mengendarai motor kopling di tanjakan, terdapat beberapa hal yang wajib Anda hindari. Salah satu larangan tersebut adalah mengoper persneling ke gigi yang lebih besar. Jika hal itu terjadi Anda bisa kehilangan daya dorong dan parahnya motor mati di tengah jalan. Sangat berbahaya, bukan?

Selain itu, tidak dianjurkan pula untuk mendahului pengendara lain di tanjakan. Kecuali jika pengendara tersebut berjalan sangat lambat dan memungkinkan untuk mendahuluinya.

Baca Juga: Tips Memilih Knalpot Motor Modifikasi

Saat Berada di Jalan Turunan

Tidak hanya di tanjakan saja, Anda juga harus belajar cara mengendarai motor kopling di turunan. Berikut ini adalah tipsnya:

  1. Disarankan untuk menggunakan persneling 3.
  2. Manfaatkan engine brake untuk membantu pengereman.
  3. Hati-hati jika ada gang di samping jalan yang berpotensi keluar masuk kendaraan.
  4. Anda boleh membuat mesin loss jika jalan benar-benar sepi dan Anda sudah paham medannya. Mesin loss dapat dilakukan dengan cara menarik tuas kopling. Dengan cara ini Anda bisa menghemat konsumsi BBM motor.

Demikian tips untuk Anda yang sedang belajar mengendarai motor kopling. Besar harapannya ulasan di atas bisa membantu. Jangan lupakan tips mengendarai motor kopling di atas, ya, agar Anda tidak harus merasakan motor mati di tengah jalan.