5 Tips Membersihkan Motor dari Karat

  • 2 min read
  • Okt 01, 2021
cara membersihkan karat ban motor

5 Tips Membersihkan Motor dari Karat – Semua orang pasti mengidam-idamkan motor yang bersih mengkilap tanpa noda. Sayangnya ketika membeli motor bekas, Anda menemukan beberapa bagian yang berkarat. Hal itu akan mengurangi keindahan motor tersebut. Tapi sebenarnya Anda bisa saja membersihkan motor dari karat dengan beberapa cara. Karena karat memang tidak bisa dibersihkan dengan cara-cara yang biasa saja . Jadi, Anda harus menggunakan cara-cara khusus agar karat bisa hilang dari motor terutama di body motor Anda.

Cara Membersihkan Karat pada Motor

Deterjen

Cara yang bisa Anda gunakan pertama yaitu dengan menggunakan deterjen. Tapi sebelum Anda menggunakan deterjen, bersihkan dulu bagian motor yang berkarat agar kotoran lain menghilang. Setelah itu, campurkan deterjen dengan sedikit air pada sebuah wadah.

Untuk membersihkan karat yang menempel, Anda bisa menggunakan sikat gigi bekas atau kain. Celupkan sikat ke deterjen dan gosok pada bagian motor yang berkarat. Anda harus menggosong dengan sabar dan telaten agar karat bisa terangkat.

Cairan Pembersih Porselin

Jika deterjen kurang ampuh menghilangkan karat, Anda bisa mencoba dengan cairan pembersih porselin atau WC. Cairan ini terkenal karena sifatnya yang keras dan mampu mengangkat kotoran, seperti kerak dan noda pada porselin.

Untuk membersihkan karat, tuangkan cairan pembersih porselin pada sebuah wadah. Lalu celupkan sikat dan gosok bagian yang berkarat sampai bersih. Ulangi beberapa kali sampai karat mulai menghilang. Anda bisa mengkombinasikannya dengan deterjen jika karat sangat sulit terangkat.

Asam Cuka

Bahan lain yang bisa menjadi alternatif mengangkat karat adalah dengan asam cuka. Bahan ini terkenal karena sifatnya yang sangat asam dan bisa memberikan reaksi kimia pada bagian motor yang berbahan besi.

Reaksi kimia yang dihasilkan itu bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan karat yang menempel di bagian motor. Celupkan sikat ke asam cuka dan gosok bagian besi yang berkarat. Perhatikan, jangan sampai asam cuka terkena bagian motor berbahan plastik, karena bisa merusak plastik.

Pertamax Plus

Cara lain yang bisa Anda coba adalah menggunakan Pertamax Plus. Mungkin cara ini jarang terpikirkan, namun tidak ada salahnya untuk dicoba. Caranya campurkan Pertamax Plus bersama minyak solar dengan perbandingan 1:2. Bersihkan dengan menggunakan sikat pada bagian yang berkarat.

Menggunakan Amplas

Cara selanjutnya ini bisa dikatakan menjadi cara terakhir jika karat sangat sulit terangkat dari motor dan jika karat sudah sangat parah sekali. Cara menghilangkannya adalah dengan mengamplas bagian motor yang berkarat.

Proses pengamplasan akan secara langsung mengangkat bagian motor yang berkarat. Namun, Anda perlu usaha ekstra agar semua karat bisa terangkat sampai bersih. Setelah bagian motor itu bersih, Anda bisa mencucinya dengan deterjen atau juga pembersih porselin sebagai tahap akhir.

Karat sangat mengganggu penampilan motor. Jika dibiarkan terlalu lama, karat bisa menyebabkan bagian motor tersebut menjadi keropos dan harus diganti. Oleh karena itu, segera bersihkan motor Anda dari karat yang membandel.

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *